ISO

ISO (International Organization for Standardization)

Apa yang dimaksud dengan ISO? ISO adalah singkatan dari International Organization for Standardization, yaitu organisasi internasional untuk standardisasi yang menetapkan standar internasional di bidang industrial dan komersial dunia di mana tujuan pembentukannya untuk meningkatkan perdagangan antar negara-negara di dunia.

Pengertian ISO adalah salah satu badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara untuk mengukur mutu sebuah organisasi. Artinya, setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat diukur kredibilitasnya dengan standar ISO.

Secara umum ada delapan jenis standar ISO yang dikeluarkan oleh organisasi internasional ini dan banyak yang telah diterapkan di perusahaan-perusahaan di Indonesia. 

Beberapa jenis ISO adalah sebagai berikut:

  1. ISO 9001: merupakan sistem manajemen kualitas yang paling banyak digunakan, di mana karakteristiknya adalah pendekatan proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen kualitas.
  2. ISO 14001: merupakan standar yang terkait dengan sistem manajemen lingkungan. Sejumlah aspek yang harus dipenuhi dalam standar ini adalah pengelolaan limbah, penghematan energi, penghematan air dan penghematan bahan bakar.
  3. HSAS 18001: sistem manajemen kesehatan dan keselamatan adalah suatu pendekatan sistematis dan proses didorong untuk mengendalikan dan memantau risiko yang dapat timbul dari hari perusahaan untuk kegiatan hari. Sistem ini terbukti memungkinkan bisnis untuk menjadi pro-aktif ketimbang kembali aktif, karena itu lebih efektif melindungi kesehatan dan kesejahteraan tenaga kerja Anda secara terus-menerus.
  4. ISO 22000: merupakan standar yang terkait dengan sistem manajemen keamanan pangan. Standar ini ditujukan untuk perusahaan di sektor makanan dan minuman, yang diharuskan untuk melakukan kontrol internal, dan setiap produk harus memiliki proses dan rencana kontrol.

Manfaat dan Tujuan ISO

Pada dasarnya manfaat dan tujuan ISO adalah untuk menentukan standar internasional di bidang industri dan komersial. Mengacu pada definisi ISO di atas, manfaat ISO adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
  • Jaminan Kualitas Sesuai Standar Internasional
  • Hemat Biaya
  • Mengoptimalkan Kinerja Karyawan
  • Meningkatkan Citra Perusahaan


SKA - Sertifikat Keahlian

Klasifikasi Sub. Bidang Kode Persyaratan

SKT - Sertifikat Keterampilan

Kode Klasifikasi Sub. Bidang